Periferal komputer


Periferal komputer

Periferal komputer adalah berbagai komponen yang terhubung ke CPU (Central Processing Unit) yang berfungsi sebagai perangkat Input dan Output data kedalam dan keluar CPU yang selanjutnya diproses oleh sistem komputer untuk mengolah data Input yang di-Input oleh periferal Input seperti Mouse, Keyboard, Scaner, Recording Device, WebCam. Data input ini dapat berupa data Dokumen, Suara, Gambar, Gerakan dan Video. Selanjutnya data yang telah dimasukan kedalam komputer akan diolah oleh peralalatan Process untuk menghasilkan data Output yang akan ditampilkan dalam bentuk nyata atau tidak oleh Periferal Output misalnya berupa Dokumen, Suara, Gambar, dan Video yang dihasilkan oleh Periferal sepert Monitor, Printer, Plotter, Speaker, HeadSet, dsb.

Periferal tersebut termasuk dalam katagori Hardware yang merupakan bagian dari tiga komponen utama komputer yaitu :

-  Hardware        : adalah perangkat keras yang dapat berupa benda/komponen fisik yang secara nyata dapat disentuh dan dilihat.

-  Software          : adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menjalankan harware berdasarkan perintah yang di-Inputkan oleh Brainware melalui software sehingga hardware dapt digunakan dan difungsikan.

-  Brainware        : adalah perrngakat akal yang memanajemen atau berfungsi untuk memasukan perintah agar Software dan Hardware dapat beroprasi sesuai dengan fungsinya.

Berdasarkan kegunaannya, periferal komputer terdiri dari 2 (Dua) tipe yaitu sebagai berikut :

  • Periferal Utama (Main Periferals) : yaitu tipe periferal yang keberadaannya harus ada pada saat menjalankan komputer misalnya Mouse, Keyboard dan Monitor.
  • Periferal Pendukung (Out Sillary Periferals) : yaitu periferal pendukung yang keberadaannya tidak harus ada pada saat menjalankan komputer misalnya Printer, Speaker, WebCam, Scaaner dsb.

Sesuai dengan penjelasan diatas, maka periferal yang termasuk kedalam Hardware memiliki fungsi tertentu untukk dapat memasukan atau mengeluarkan data ke/dari komputer. Berikut fungsi dan cara perawatan dari Periferal (Hardware) tersebut.

A.  INPUT DEVICE.

1.Mouse.

Mouse adalah perangkat input yang dapat memasukan data berupa berakan objek yang sevelumnya telah dipindai oleh Optikal yang ada pada Mouse (Optical Mouse) tersebut, atau berupa gerakan bola yang berguling pada bagian dalam badan Mouse (Ball Mouse). Mouse jika dibandingkan dengan Keyboard memiliki kedudukan kedua setelah Keyboard karena selain untuk meng-Inputkan data huruf, Keyboard juga dapat digunakan sebagi “Navigator” didalam menjalankan suatu sistem oprasi khususnya yang berbasis text (Text Mode).    

Untuk perawatan device ini diperlukan perlakuan khusus tergantung dari type yang digunakan (Optical Mouse/Ball Mouse). Untuk Optical Mouse, perawatan yang dapat dilakukan adalah :

-  Pastikan tempat Mouse (Mouse Pad) menggunakan warna yang sama atau tidak berwarnawarni misalnya hanya menggunakan warna Biru saja. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah mouse mouse tidak dapat dikendalikan.

-  Mouse sebaiknya diletakan pada tempat yang rata dan tidak terdapat benjolan dsb, ini dimaksudkan agar pointer mouse tidak mergerak secara acak.

Sedangkan untuk mouse jenis Ball Mouse, perawatan yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut :

-  Bersihkan bola pada bagian dalam Mouse dengan menggunakan sikat untuk menghilangkan debu ayng terdapat pada bola yang dapat menyebabkan pointer sulit digerakkan.

-  Letakan Mouse pada tempat yang baik agar bola mudah bergerak pada bagian dalam Mouse.

 Mouse

 2.Keyboard.

Keyboard adalah device yang cukup penting untuk menjalankan komputer karena sebagian komputer tidak dapat dioprasikan tanpa dipasangnya Keyboard pada CPU. Untuk keyboard memiliki beberapa varian tergantung dari jumlah “Key” yang terdapat pada Keyboard tersebut misalnya 101 Key atau lebih, biasanya yang memiliki key lebih dari 101 adalah Multimedia Keyboard dan yang memiliki 101 key adalah Keyboard standard (Standard Keyboard).

Perawatan Keyboard sendiri dapat dilakukan dengan berbagai cara sebagai berikut :

-  Lakukan pembersihan terhadap debu yang mungkin terselip dan menjadi tebal pada bagian bawah tombol Keyboard yang dapat menyebabkan tombol keyboard macet dan sulit untuk ditekan. Pembersihan ini dapat dilakukan dengan menggunakan cairan pembersih dan kain atau kuas untuk menghilangkan debu yang ada didalamnya.

-  Jika Keyboard sedang tidak digunakan ada baiknya menutup Keyboard dengan kain untuk mencegah masuknya debu atau serangga yang dapat menimbulkan kerusakan pada Keyboard.

 Keyboard

 3.WebCam.

WebCam adalah device yang digunakan untuk memasukan data berupa gambar diam (Photo) atau gambar bergerak (Video) kedalam komputer. Pada umumnya User menggunakan device ini untuk keperluan multimedia atau komunikasi jarak jauh (Video Conference) menggunakan saluran komunikasi Internet kecepatan tinggi (High Speed Internet Acess).

Untuk dapat menggunakan device ini, diperlukan software tambahan baik bawaan Windows maupun dari pihak ketiga. Software yang dapat digunkan untuk berkomunikasi dengan WebCam secara Live melalui jaringan global (Internet) misalnya Yahoo Messenger, Windows Live, Pidgin dsb. Untuk dapat berkomunikasi dengan data berupa video harus menggunakan koneksi ayng baik dan kuat misalnya dengan Transfer Rate 1 Gbps atau 10 Gbps namun 100 Mbps sudah cukup.

Untuk perawatan device ini dapat dilakukan beberapa tips berikut :

-  Lakukan pembersihan terhadap lensa jika pada saat digunakan gambar yang tertampil terlihat agak buram atau rusak. Bersihkan dengan menggunakan kain dan cairan pembersih.

-  Pastikan pada saat penggunaan kamera, kamera tidak berhadapan langsung dengan cahaya yang cukup kuat seperti cahaya matahari hal ini agar lensa kamera tidak cepat rusak dan hasil yang diperoleh akan lebih baik.

Webcam

4.Scaner

Scaner jika diartikan kedalam bahasa Indonessia berarti Pemindai jadi Scaner adalah device yang digunakan untuk memasukan data ke komputer berupa file gambar yang sebelumnya adalah dokumen yang di “Foto” untuk dijadikan file gambar yang akan ditampilkan pada komputer pemngguna. Scaner sendiri terdiri dari dua jenis yaitu Plat Bed  Scaner (Scaner yang umum digunakan untuk memindai dokumen pada kantor atau instansi lainnya), Handheld Scaner (Scaner yang digunakan untuk memindai Bar Code pada produk barang dan biasanya untuk mencari harga barang tersebut dengan cepat sesuai dengan daftar harga, Scaner ini biasanya digunakan pada Super Market). Scaner berfungsi dan memiliki cara kerja yang hampir sama dengan PhotoCopy Machine namun Scaner tidak langsung mencetak dokumen seperti Mesin PhotoCopy namun dokumen yang terpindai dapat dicetak menggunakan Printer.

Perawatan Scaner yang umumnya dilakukan adalah sebagai berikut :

-  Bersihkan bagian permukaan kaca Scaner dengan lap dan cairan pembersih agar dokumen yang dicetak menghasilkan hasil yang baik.

-  Letakan Scaner pada tempat yang sejuk dan kering serta terhindar dari debu, kotoran dan serangga.

 Scaner

B.  OUTPUT DEVICE.

  1. Monitor.

Monitor adalah periferal komputer yang digunakan untuk menampilkan data yang sedang diproses oleh sistem komputer yang sselanjutnya ditampilkan kepada User.

Secara umum, monitor terdiri dari dua jenis yaitu LCD Monitor (Liquid Cristal Display) dan CRT Monitor (Catoda Ray Tube). Jenis monitor yang paling baik digunakan adalah jenis LCD karena memiliki radiasi sinar ayng lebih rendaj dan lebih hemat listrik dibandingkan dengan CRT.

Perawatan monitor dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

-  Bersihkan layar dengan lap dan cairan  pembersih khusus agar layar monitor tetap terjaga kebersihannya (LCD).

-  Tutup monitor apabila sedang tidak digunakan dan jauhkan monitor dari perangkat yang mengandung induksi magnetik sepeti HP dan speaker (CRT).

 Monitor

2.Printer.

Printer adalah perangkat output yang digunakan untuk mencetak data pada dokumen yang biasanya berupa kertas. Printer sekarang, bukan hanya sebagai pencetak dokument saja namun sudah dilengkapi dengan scaner dan device lain seperti Card Reader, LAN dsb. Printer terdiri dari beberapa jenis yaitu Buble Jet, Laser Jet, Ink Jet, Dot Metric, Dye Sublimation. Dari sekian jenis printer tersebut yang memiliki kecepatan cetak paling tinggi adalah Laser Jet yang menggunakan Toner sebagai “Tinta”.

Perawatan Printer dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

-  Tutup Printer dengan kain jika tidak digunakan.

-  Bersihkan dan cegah agar debu atau remah-remah makanan tidak masuk ke dalam Printer. Dan reset printer jika sudah lama digunakan.

Printer

3.Speaker.

Speaker adalah periferal yang digunakan untuk mengeluarkan data berupa suara. Walaupun mempunyai fungsi yang sama yaitu untuk mengeluarkan data berupa suara, namun speaker memiliki kemampuan yang berbeda yang diukur dari kualitas keluaran suaranya.

Untuk mghasilkan keluaran suara yang baik, maka speaker perlu perawatan, dan perawatan yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut :

-  Jauhkan Speaker dari perangkat yang memiliki gelombang radio seperti HP yang dapat menimbulkan interferensi dan akan menghasilkan suara yang buruk.

-  Jauhkan Speaker dari pernagkat seperti monitor karena selain merusak monitor jaga akan mempengaruhi speaker.

 Speaker

Dari sekian device yang ada, masih ada banyak device lain yang dapat dikatagorikan dalam periferal komputer baik untuk Input Data ataupun Output Data misalnya untuk Input Data kita dapat menggunakan Removable Media seperti Flash Disk, 2.5” Hard Drive, 3.5” Hard Drive, Disket, Ekternal Hard Drive dsb. Sedangkan untuk Output, dapat menggunakan LCD Proyektor, TV-Out (S-Video), Compatible Device with HDMI dsb.

Untuk beberapa komponen lain yang juga terdapat didalam komputer, yang juga dapat digunakan sebagai peralatan Input dan Output Data misalnya seperti LAN Card/NIC  (Network Interface Card), Modem (Modulator dan Demodulator), TV Card dsb. Sebagian besar dari periferal komputer yang banyak digunakan oleh User adalah jenis Out Sillary Periferal atau perangkat yang keberadaannya tidak harus ada pada saat pengoprasian komputer.

Sekian dan terimakasih

Sumber : I Made Sumadiyasa

PROCESSOR INTEl dan AMD

Prosesor adalah perangkat yang keberadaannya harus ada karena berfungsi sebagai pengolah data dalam sistem komputer. Prosesor juga dapat disebut dengan CPU (Central Processing Unit) karena fungsinya sama dengan CPU pada umumnya yaitu untuk mengilah data input untuk menghasilkan data output.

Dari sekian brand prosesor yang ada seperti Intel, AMD (Advanced Micro Device), VIA, Motorola, TI-OMAP (Texas Instrument-OMAP), SAMSUNG dll Intel dan AMD adalah yang paling sering digunakan dan prosesor yang dikeluarkan terkenal tangguh dan awet dan sering digunakan untuk keperluan Multimedia.

Berikut adalah jenis prosesor yang dikeluarkan oleh produsen tersebut :

A.  INTEL.

Intel adalah produsen prosesor terbesar dan bersaing ketat dengan AMD. Intel mengeluarkan Prosesor terbaru Intel Core i7 Extreme 965 3.20 GHz Intel Core i7 940 2.93 GHz dan intel Core i7 920 2.67 GHz yang memiliki spesifikasi sebagai berikut :

        Series

Spec

Intel Core i7 Extreme 965

Intel Core i7 940

Intel Core i7 920

Code Name Bloomfield Bloomfield Bloomfield
Core Quad Core Quad Core Quad Core
L1 Cache 32+32 Kb 32+32 Kb 32+32 Kb
L2 Cache 256 Kb 256 Kb 256 Kb
L3 Cache 8 Mb 8 Mb 8 Mb
Clock Speed 3.20 GHz 2.93 GHz 2.67 GHz
EM64T Ya Ya Ya
Socket LGA 1366 LGA 1366 LGA 1366

 57790_prosesor_core_i7

Intel Core i7 940

 corei7_900ex

 Intel Core i7 900 Extreme

 sockets_sm

 Intel Socket LGA 1366

 B.  AMD (Advanced Micro Device).

AMD dikenal sebagai saingan terberat Intel dalam persaingan dunia Industri Prosesor. Prosesor AMD dikenal sangat baik digunakan untuk keperluan multimedia seperti Gaming karena kualitas gambar yang dihasilkan sangat baik namun dibalik semua itu, AMD dikenal juga cepat panas dan diperlukan pendingin(Heatsink+Fan) yang tangguh dalam menurunkan panas prosesor agar performa dapat terjaga.

Berikut adalah beberapa produk dari AMD misalnya AMD Durom, Turion, Athlon, Barton, Phenom dsb. Dari sekian macam prosesor AMD tersebut yang terbaru saat ini adalah AMD PhenomII

Spesifikasi AMD PhenomII dibandingkan dengan Intel Core i7 dapat dilihat pada tabel berikut :

                       Brand

 Specification

AMD Phenom II X4

Intel Core i7 960 Extreme
Code Name Agena/Toliman Bloomfield
Architecture 45 nm 45 nm
Clock Speed 3.0 GHz 3.2 GHz
L1 Cache 64+64 Kb 32+32 Kb
L2 Cache 512 Kb 256 Kb
L3 Cache 6 Mb 8 Mb
Hyper Threading Tidak Ya
Virus Protection XD Bit XD Bit
Virtualization Pacifica VT

 phenom2_pr1

AMD PhenomII X4

 big_photo

 AMD Socket AM2/AM2+

Print

AMD Phenom Logo’s

Sekian untuk penyampaian Prosesor terbaru dari Intel dan AMD untuk seri terbarunya saat ini. Sekian dan terima kasih.

 Sumber : I Made Sumadiyasa

Komentar
  1. Yuiana zahrah mengatakan:

    Jenis periferal utama dan periferal pendukung

  2. hade mengatakan:

    trims ya atas artikelnya

  3. Sances mengatakan:

    makasih gan ane jadi bisa ujiannya :sundul

  4. musolian afton mengatakan:

    bingung

  5. Ghoost Tetteuet mengatakan:

    hahahahaah
    nilai produktif gw jadi bagus karena blog ini
    tanks Brooooooooooooooo !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  6. yeni fitriasari mengatakan:

    baikkkkk

  7. husni mengatakan:

    lumayan membantu

  8. Muhammad Nabil mengatakan:

    Terima kasih Gan … Ini Artikel penting… makasih jadi Tugas selesai FINISH thank’s

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s