Macam-macam tanah


Indonesia adalah negara kepulauan dengan daratan yang luas dengan jenis tanah yang berbeda-beda. Berikut ini adalah macam-macam / jenis-jenis tanah yang ada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

1. Tanah Humus

Tanah humus adalah tanah yang sangat subur terbentuk dari lapukan daun dan batang pohon di hutan hujan tropis yang lebat.

Tanah

Tanah

2. Tanah Pasir

Tanah pasir adalah tanah yang bersifat kurang baik bagi pertanian yang terbentuk dari batuan beku serta batuan sedimen yang memiliki butir kasar dan berkerikil.

Tanah

Tanah

3. Tanah Alluvial / Tanah Endapan

Tanah aluvial adalah tanah yang dibentuk dari lumpur sungai yang mengendap di dataran rendah yang memiliki sifat tanah yang subur dan cocok untuk lahan pertanian.

Tanah

4. Tanah Podzolit

Tanah podzolit adalah tanah subur yang umumnya berada di pegunungan dengan curah hujan yang tinggi dan bersuhu rendah / dingin.

Tanah

5. Tanah Vulkanik / Tanah Gunung Berapi

Tanah vulkanis adalah tanah yang terbentuk dari lapukan materi letusan gunung berapi yang subur mengandung zat hara yang tinggi. Jenis tanah vulkanik dapat dijumpai di sekitar lereng gunung berapi.

Tanah

6. Tanah Laterit

Tanah laterit adalah tanah tidak subur yang tadinya subur dan kaya akan unsur hara, namun unsur hara tersebut hilang karena larut dibawa oleh air hujan yang tinggi. Contoh : Kalimantan Barat dan Lampung.

Tanah

7. Tanah Mediteran / Tanah Kapur

Tanah mediteran adalah tanah sifatnya tidak subur yang terbentuk dari pelapukan batuan yang kapur. Contoh : Nusa Tenggara, Maluku, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

8. Tanah Gambut / Tanah Organosol

Tanah organosol adalah jenis tanah yang kurang subur untuk bercocok tanam yang merupakan hasil bentukan pelapukan tumbuhan rawa. Contoh : rawa Kalimantan, Papua dan Sumatera.

 

Untuk informasi lain tentang macam tanah silahkan klik link ini <<<<<<<<< .

Komentar
  1. della mengatakan:

    thanks yach atas informasi.a …….
    jadi bisa ngebantu pr nie ……..
    saran aq sich lebih di kumplitin lg …..

  2. Rhayana Yudhistira mengatakan:

    Thaks ea…
    nie bcaan yg pling bgzZ mnurut gw…
    skses trus

  3. nak spensa mengatakan:

    lengkapin lagi donk

  4. nak smanegra mengatakan:

    iank lengkap dunkz…. biar enakz…. kurang

  5. aina dedew mengatakan:

    tanx ya? berkt liat ini,q bsa nyelesein tugas q,tambhin lgiu dong,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  6. aina dedew mengatakan:

    tanx…………..berkat km q jd thu mcam2 tanah,n bsa nyelesein tugas q………..

  7. orbi mengatakan:

    banyak in ya lain kali

  8. uLi mengatakan:

    betul thu………… hahahaha

  9. dewi mengatakan:

    waah kok cuma jenis tanah di Indonesia sih…

  10. Ari Sudewa mengatakan:

    cuma perasaanku aja atau gambar tanah mediteran yg nomor 7 itu gambar relief ya?

  11. choyoohyun_ mengatakan:

    makasih infonya… kebantu jd tugas aku yg dadakan ni bsa slsai~~

  12. mira mengatakan:

    maaf numpang taya, kalo yang gambar tanah kapur, gambar yang aslinya kaya gitu ?
    kal yang disitu keliatannya bukan kaya tanah ,,
    jawab ya

  13. cua mengatakan:

    indah.a mencinta hahahahahah……..

  14. I Made Sumadiyasa mengatakan:

    bagi teman-teman ingin melihat info macam tanah yang baru silahkan lihat di menu samping >

  15. neng iwit mengatakan:

    makasih infonya… sangat membantu dalam materi laporanku.. ^_^

  16. mega mengatakan:

    makachi ya tantang tugas nya muaaaacchhh

  17. Putri Afifah mengatakan:

    Gambarnya kok ngga ada kak? Padahal pr nya disuruh nyari gambar…

  18. tirta mengatakan:

    apa tanah di indonesia emang ada cuma 8 ya?

  19. I Made Sumadiyasa mengatakan:

    Mohon maaf apabila gambar hilang karena penulis belum sempat update isi tulisan karena sibuk . . . . thanks before

  20. irawan mengatakan:

    gan kalau tanah yang bermasalah pada pertanian apa aja tuch……………?

  21. puspa mengatakan:

    Thank’s y atas infonya,jd kebantu ngerjain TR(TUGAS RUMAH) deh!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s